Sabtu, 05 September 2009

RPP INGGRIS KLS 7 GASAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU 02 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
Indikator : Merespon ungkapan ungkapan :
 sapaan orang yang sudah / belum dikenal
 perkenalan diri sendiri / orang lain
 perintah / larangan
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Pertemuan : 2 kali

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. merespon ungkapan sapaan dari orang yang sudah dikenal.
b. merespon ungkapan sapaan dari orang yang belum dikenal.
c. merespon ungkapan perkenalan diri sendiri
d. merespon ungkapan perkenalan orang lain

Pertemuan 2
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. merespon ungkapan perintah
b. merespon ungkapan larangan.

B. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
1. A : Good morning. How are you ?
B : Good morning. Fine thank you.
2. A : Hello, I’m Nina. Nice to meet you
B : Hello, I’m Renny. Nice to meet you, too
b. Personal Pronouns : I, you, we, they, he, she, it
c. To be : is, am, are
d. Kosakata terkait tema / jenis teks.
Misalnya : name, live, address, dsb
e. Verbs : live, meet etc.
f. Ungkapan baku : - Good morning - Thanks - Nice to meet you
- OK - How are you ? etc.

Pertemuan 2
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
1. A : Don’t do that !
B : No, I won’t. Don’t worry
2. A : Stop it !
B : Ok
b. Verbs : do, stop, have etc.
c. Ungkapan baku : - Don’t worry - Thanks - OK etc.

C. Metode Pembelajaran / Teknik : Three-phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Greetings, Checking for the roll
- Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
- Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu
b. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan tentang sapaan dan perkenalan
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
Pertemuan 2
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan tentang perkenalan
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
7. Merespon ungkapan-ungkapan : perkenalan, perintah dan larangan.
8. Melakukan perintah yang diucapkan guru
c. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

E. Sumber Belajar
- Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )
- Script percakapan atau rekaman percakapan
- Gambar-gambar yang relevan

F. Penilaian
- Teknik : tes lisan, tertulis dan tes unjuk kerja
- Bentuk : merespon ungkapan lisan, pilihan ganda dan responding
- Instrumen : terlampir


Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



RUMINI,S.Ag. MAKFUR























Lampiran KD 1.1
I. Listen to the expressions and give your response orally
a. Good morning. How are you ?
………………………………………………………………..
b. Hi, I’m Reno and you are ?
………………………………………………………………..
c. Are you Anisa ?
………………………………………………………………..
f. Hello, it’s nice to meet you
………………………………………………………………..
g. Who is that girl ?
………………………………………………………………..
II. Listen to the expressions and choose the best response, a, b, c or d.
1. A: Hello, how are you ?
B : …
a. Fine, thanks c. Thank you
b. I’m Renny d. Don’t worry
2. A: Is that your sister, Anna ?
B : …
a. Yes, it is c. I don’t know
b. No, she’s not here d. Very well, thanks.
3. A: Budi, this is my friend, Susan.
B : Hi, Susan …
a. Fine, thanks. c. Nice to see you
b. It’s Ok d. I’m alright
4. A: Open the door !
B : …
a. OK c. Good
b. Fine d. Really
5. A: Don’t be late to school.
B : …
a. Yes, Sir c. Ok, Sir
b. No, Sir d. Fine, Sir

- Pedoman Penilaian:
1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 3
2. Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3. Jumlah skor maksimal I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10
Jumlah 25
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai Siswa =
Rubrik Penilaian:
No. Uraian Skor
I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0
II Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab 2
0













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk erinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta danmemberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.
Indikator : Merespon ungkapan-ungkapan:
 meminta dan memberi informasi
 ucapan terima kasih
 meminta maaf
 kesantunan.
Alokasi Waktu : 4 X pertemuan (4 X 40 menit)
Pertemuan : 2 kali

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat;
1. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.
2. Merespon ungkapan ucapan terima kasih.
3. Menggunakan ungkapan ucapan terima kasih dalam percakapan pendek sederhana.

Pertemuan 2
1. Merespon ungkapan meminta maaf.
2. Merespon ungkapan yang menyatakan kesantunan.
3. Menggunakan ungkapan meminta maaf.
4. Menggunakan ungkapan yang menyatakan kesantunan.

B. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
o Ungkapan meminta dan memberi informasi
Contoh; A : Where is the book?
B : It’s here.
o Ungkapan terima kasih
Contoh; A : Thank you.
B : You’re welcome.
o Kosa kata
o Preposition : in, on, under, behind, in front of, far from, near, over there, over here
o Nouns : things around the classroom and in the house

Pertemuan 2
o Ungkapan meminta maaf
Contoh; A : I’m sorry.
B : It’s okay.

o Ungkapan yang menyatakan kesantunan
Contoh; 1. A : Please . . . !
B : All right, thanks.
2. A : Could you open the door for me?
B : Never mind.
o Kosa kata
o Verbs : borrow, give, come, point, show, take, help.
o Nouns ; things outside the classroom and at home

C. Metode dan Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Setiap pertemuan dikemas dalam tiga tahapan
Kegiatan awal:
o Greetings, checking for the roll
o Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
o Pre-test, review
o Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti:
Pertemuan 1
1. Siswa menebak arti kata preposisi (on, under, in front of, near, between, behind, beside) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real object/gambar.
3. Contoh; Point the book on the chair!
4. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan menerima dan memberi infornasi.
5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan emberi informasi.
6. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan terima kasih.
7. Siswa menjawab pertanyaan guru entang ungkapan terima kasih.
8. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta informasi.
9. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
10. Siswa menirukan ugnakapan meminta dan memberi informasi.
11. Siswa menirukan ungkapan termia kasih.
12. Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ugnakapan meminta dan memberi informasi serta ucapan terima kasih.

Contoh:
1.
Things at home Your friend 1/where? Your friend 2 / where?
TV
Clock
arm chair
Etc. ……………………
……………………
……………………
…………………… ……………………
……………………
……………………
……………………
2. A : Do you have TV?
B : Yes, I do.
A : Where is it?
B : In the living room.
A : Thank you.
B : You’re welcome.

Pertemuan 2
1. Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
Contoh;
Come here, please! Show me the school yard, please! Point at the refrigerator!
3. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
4. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
6. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
7. Siswa menirukan ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
8. Siswa bermain peran untuk melakukan dialog bersasarkan kartu peran.

Contoh;
Student A : Kartu 1 (bunyi: Anda butuh pinjaman uang ke emanmu)
Student B : Kartu 2 (bunyi: anda tidak punya uang)

Contoh dialog;
A : Excuse me.
B : Yes.
A : Can I borrow your money?
B : I’m sorry. I have no money.
A : That’s okay.

Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk memebrikan feed-back berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani.
2. Memberikan post-test.
3. Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan yang sudah dipelajari.

E. Sumber Belajar
1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
2. Kaset berisi teks dialog yang terkait
3. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan dan tertulis
2. Bentuk : Merespon pertanyaan lisan dan melengkapi
3. Instrumen : Terlampir


Mengetahui : Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran





RUMINI,S.Ag. MAKFUR

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 2.1. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsionalpendek sangat sederhana (misalnya; instruksi, daftar barang, ucapan selamat, pengumuman, dll.) secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
 Instruksi
 Daftar benda/barang (Shopping list)
 Ucapan Selamat
 Pengumuman
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Pertemuan : 2 kali

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruksi.

Pertemuan 2
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang daftar benda/barang (shopping list) yang diucapkan oleh guru.
2. Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang ucapan selamat.

Pertemuan 3
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang pengumuman.

Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
g. Ungkapan instruksi contoh : Keep closed!, Stand Up!, Raise your hand! Etc.
h. Verb contoh : keep, raise, stand up, sit down etc.

Pertemuan 2
a. Benda/barang dalam shopping list
Contoh : Sugar 1 kg
Flour 0,5 kg
Meat 1 kg
Butter 1 pack
b. Ungkapan ucapan selamat
Contoh : Congratulation!
Well done!

Pertemuan 3
 Pengumuman/Anouncement
Contoh: ”School will close tomorrow since it’s the MAULUD NABI day.”

Model/Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu


Kegiatan inti
Pertemuan 1
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan tentang instruksi
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

Pertemuan 2
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan yang berisi daftar benda/barang (shopping list) dan ucapan selamat.
6. Menjawab pertanyaan tentang isi dan struktur percakapan

Pertemuan 3
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Mendengarkan percakapan yang berisi pengumuman
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
2. Membuat rangkuman.
3. Memberikan post-test, penugasan di rumah dengan mendengarkan teks serupa dari radio atau televise.

E. Sumber Belajar
1. Contoh teks berupa tape-script (untuk yg dibacakan guru)
2. Kaset berisi teks terkait.
3. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )


F. Penilaian
1. Teknik : tes lisan, tes unjuk kerja dan tes tertulis
2. Prosedur : selama proses
3. Bentuk : pertanyaan, respon tidakan dan benar-salah
4. Instrument : terlampir

Mengetahui : Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




RUMINI,S.Ag. MAKFUR











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 2.2. Merespon makna gagsan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
 Instruksi
 Shopping list
 Greeting card
 Anouncement
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Pertemuan : 3 kali

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
3. mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruksi.
4. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang daftar benda/barang (shopping list) yang diucapkan oleh guru.

Pertemuan 2
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang ucapan selamat.
2. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang pengumuman.

Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
i. Ungkapan instruksi contoh : Keep closed!, Stand Up!, Raise your hand! Etc.
j. Verb contoh : keep, raise, stand up, sit down etc.
k. Benda/barang dalam shopping list
Contoh : Sugar 1 kg
Flour 0,5 kg
Meat 1 kg
Butter 1 pack

Pertemuan 2
c. Ungkapan ucapan selamat/Greeting Card
Contoh : Congratulation!
Well done!
b. Pengumuman/Anouncement
Contoh: ”School will close tomorrow since it’s the MAULUD NABI day.”

Model/Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)


Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu
Kegiatan inti
Pertemuan 1
7. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dala ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa Greeting.
8. Memperhatikan kosa kata dan tata bahasa yang muncul dalam ungkapan tersebut.
9. Mendengarkan percakapan tentang instruksi.
10. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
11. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dala ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa shopping list.
12. Memperhatikan kosa kata dan tata bahasa yang muncul dalam ungkapan tersebut.
13. Mendengarkan percakapan tentang shopping list.
14. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
Pertemuan 2
1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dala ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa greeting card.
2. Memperhatikan kosa kata dan tata bahasa yang muncul dalam ungkapan tersebut.
3. Mendengarkan percakapan tentang greeting card.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dala ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa anouncement.
6. Memperhatikan kosa kata dan tata bahasa yang muncul dalam ungkapan tersebut.
7. Mendengarkan percakapan tentang anouncement.
8. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
Kegiatan Akhir
4. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
5. Membuat rangkuman.
6. Memberikan post-test.
E. Sumber Belajar
4. Contoh teks berupa tape-script (untuk yg dibacakan guru)
5. Kaset berisi teks terkait.
6. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )
F. Penilaian
5. Teknik : tes lisan, tes unjuk kerja dan tes tertulis
6. Prosedur : selama proses
7. Bentuk : daftar pertanyaan dan game, melengkapi, T/F, pilihan ganda dan menjodohkan.
8. Instrument : terlampir




Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



RUMINI,S.Ag. MAKFUR

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 3.1. Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur menyapa orang yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, memerintah atau melarang.
Indikator : Mengungkapkan berbagai tindak tutur yang menyatakan ungkapan:
 menyapa orang yang sudah / belum dikenal
 memperkenalkan diri sendiri/orang lain
 memerintah/melarang
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Pertemuan : 3 kali

G. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
 Mengungkapkan berbagai tindak tutur yang menyatakan ungkapan menyapa yang sudah / belum dikenal.

Pertemuan 2
 Mengungkapkan berbagai tindak tutur yang menyatakan ungkapan memperkenal-kan diri sendiri/orang lain.

Pertemuan 3
 Mengungkapkan berbagai tindak tutur yang menyatakan ungkapan memerintah/ melarang.

H. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Ungkapan sapaan
Contoh: Good morning, afternoon, evening, night, how are you, by, hello, dsb.
Ungkapan untuk memperkenalkan diri dan orang lain
Contoh: I’am Adi, This is Ahmad, please meet Joni, dsb.

Pertemuan 2
Respon sapaan
Contoh: hi, hello, I am fine, how do you do, dsb.

Pertemuan 3
Vocabulary
 Verbs : stand up, sit down, open, take, put, show, dst.
 Noun : book, pen, pencil, bag, table, chair, ruller
Form and function: imperative (command) and prohibition
Response
Contoh: yes sir/ mam/ miss, No I won’t, of course I will, Sure I will.

C. Metode/ Teknik Pembelajaran
• PPP ( Presentation, Article, Production )
• TPR ( Total Physical Response )

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Setiap pertemuan selalu dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu:
Kegiatan awal
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti :
Pertemuan 1
1. Guru memberi contoh cara menyapa orang lain
b. Teacher : Good morning, class
c. Students : good morning, sir
d. Teacher ; How are you?
e. Students : We are fine, thank you.
f. Teacher : Now, listen and repeat after me!
( repeat twice or three times )
2. Guru meminta siswa untuk menirukan ucapan guru.
Good morning/ afternoon/ evening/ night/ hey
Good morning sir/ mam/ Miss/ Madam
Hello, Ari
Hi, Budi
Students: ……………
Teacher : How are you? We are fine,/ I am fine,/ fine,/ very well
Students : ……………
( repeat this activity for several time until the students understand well )
3. Guru mengulang kegiatan ini dan meminta siswa untuk menirukan.

Pertemuan 2
1. Guru memberi contoh cara memperkenalkan diri sendiri dan orang lain ( dengan menggunakan gesture )
Script:
Teacher : Hello, I am Aldi, I live in Wonogiri, Nice to meet you.
Student : ……………..
( go to the other students )
2. Guru mengulang kegiatan ini dan meminta siswa untuk menirukan.
3. Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok dan meminta siswa secara bergiliran memperkenalkan diri kepada kelompoknya )
( do this activity for several times )
4. Guru memberi contoh cara memperkenalkan orang lain
( guru dengan 2 siswa memperagakan )
Script:
Teacher : OK. Class. Pay attention to me!
Eko, Susi, and Bayu, come here.
Teacher : This is Eko
Teacher : Hi, class. Nice to meet you.
Class : Nice to meet you, too.
Teacher : This is Bayu.
Bayu : Hello, I’m glad to meet you.
Class : Glad to meet you too.


Pertemuan 3
1. Guru melakukan tanya jawab yang berkaitan perintah.
2. Guru mamberikan contoh kalimat perintah.
3. Siswa menirukan ungkapan perintah.
4. Membahas kosa kata dan struktur ungkapan memerintah/melarang.
5. Siswa secara bergiliran melakukan kegiatan ini secara berpasangan.

Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi dan kesan terhaap pelajaran yang baru saja dijalani.
2. Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan yang telah dipelajari.
E. Sumber Belajar
1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
2. Teacher’s made material
3. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan dan tes unjuk kerja
2. Bentuk : Pertanyaan dan Performance
3. Instrumen : Terlampir

Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



RUMINI,S.Ag. MAKFUR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 3.2. Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan.
Indikator : 1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal:
 meminta dan memberi informasi
 mengucapkan terima kasih
 meminta maaf
2. Mengungkapkan kesantunan
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Pertemuan : 3 kali

I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Bertanya dan menjawab tentang bagaimana meminta dan memberi informasi.

Pertemuan 2
1. Bertanya dan menjawab tentang mengucapkan terima kasih.
2. Bertanya dan menjawab tentang ungkapan meminta maaf.

Pertemuan 3
1. Mengungkapkan kesantunan.

J. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
o Ungkapan meminta dan memberi informasi
Contoh; A : Where is the book?
B : It’s here.
o Kosa kata
o Preposition : in, on, under, behind, in front of, far from, near, over there, over here
o Nouns : things around the classroom and in the house

Pertemuan 2
o Ungkapan terima kasih
Contoh; A : Thank you.
B : You’re welcome.
o Ungkapan meminta maaf
Contoh; A : I’m sorry.
B : It’s okay.

Pertemuan 3
o Ungkapan yang menyatakan kesantunan
Contoh; 1. A : Please come in!
B : All right, thanks.
2. A : Could you open the door for me?
B : Never mind.
o Kosa kata
o Verbs : borrow, give, come, point, show, take, help.
o Nouns ; things outside the classroom and at home

K. Metode dan Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

L. Langkah-langkah Pembelajaran
Setiap pertemuan dikemas dalam tiga tahapan
Kegiatan awal:
o Greetings, checking for the roll
o Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
o Pre-test, review
o Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti:
Pertemuan 1
1. Siswa menebak arti kata preposisi (on, under, in front of, near, between, behind, beside) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real object/gambar.
3. Contoh; Point the book on the chair!
4. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan menerima dan memberi infornasi.
5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi informasi.
6. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta informasi.
7. Siswa menirukan ugnakapan meminta dan memberi informasi.
8. Siswa menginterview temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta dengan menggunakan ugnakapan meminta dan memberi informasi serta ucapan terima kasih.

Contoh:
1.
Things at home Your friend 1/where? Your friend 2 / where?
TV
Clock
arm chair
Etc. ……………………
……………………
……………………
…………………… ……………………
……………………
……………………
……………………

2. A : Do you have TV?
B : Yes, I do.
A : Where is it?
B : In the living room.
A : Thank you.
B : You’re welcome.

Pertemuan 3


9. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan terima kasih.
10. Siswa menjawab pertanyaan guru entang ungkapan terima kasih.
11. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
12. Siswa menirukan ungkapan termia kasih.
13. Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
14. Siswa menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
Contoh;
Come here, please! Show me the school yard, please! Point at the refrigerator!
15. Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
16. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
17. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
18. Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
19. Siswa menirukan ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
20. Siswa bermain peran untuk melakukan dialog bersasarkan kartu peran.

Contoh;
Student A : Kartu 1 (bunyi: Anda butuh pinjaman uang ke emanmu)
Student B : Kartu 2 (bunyi: anda tidak punya uang)

Contoh dialog;
A : Excuse me.
B : Yes.
A : Can I borrow your money?
B : I’m sorry. I have no money.
A : That’s okay.

Kegiatan Akhir
4. Guru menanyakan kesan siswa untuk memebrikan feed-back berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani.
5. Memberikan post-test.
6. Memberikan penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan yang sudah dipelajari.

M. Sumber Belajar
1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
2. Kaset berisi teks dialog yang terkait
3. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

N. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan, tes unjuk kerja
2. Bentuk : Tanya jawab, bermain peran
3. Instrumen : Terlampir


Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



RUMINI,S.Ag. MAKFUR
















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 4.1. Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana berupa:
 memberi instruksi
 menyebut daftar benda
 mengucapkan selamat
 mengumumkan dengan singkat
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Pertemuan : 2 kali

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
2. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa instruksi.
3. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang daftar benda/barang (shopping list) yang diucapkan oleh guru.

Pertemuan 2
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang ucapan selamat.
2. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek tentang pengumuman.

Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
l. Ungkapan instruksi contoh : Keep closed!, Stand Up!, Raise your hand! Etc.
m. Verb contoh : keep, raise, stand up, sit down etc.
c. Benda/barang dalam shopping list
Contoh : Sugar 1 kg
Flour 0,5 kg
Meat 1 kg
Butter 1 pack

Pertemuan 2
d. Ungkapan ucapan selamat
Contoh : Congratulation!
Well done!
e. Pengumuman/Anouncement
Contoh: ”School will close tomorrow since it’s the MAULUD NABI day.”

Model/Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)

Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti
Pertemuan 1
15. Tanya jawab yang berkaitan dengan instruksi.
16. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
17. Membahas kosa kata dan struktur percakapan.
18. Siswa berlatih memberi instruksi dalam situasi nyata.
19. Mendengarkan percakapan yang berisi daftar benda/barang (shopping list).
20. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
21. Menjawab pertanyaan tentang isi dan struktur percakapan

Pertemuan 2
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan selamat.
2. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3. Membahas kosa kata dan struktur percakapan.
a. Siswa berlatih memberi ucapan selamat dalam situasi nyata.
b. Mendengarkan pengumuman
c. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
d. Menjawab pertanyaan tentang isi dan struktur pengumuman.

Kegiatan Akhir
7. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
8. Membuat rangkuman.
9. Memberikan post-test.

E. Sumber Belajar
7. Contoh teks berupa tape-script (untuk yg dibacakan guru)
8. Kaset berisi teks terkait.
9. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
9. Teknik : tes lisan, tes unjuk kerja.
10. Prosedur : selama proses
11. Bentuk : mambahas gambar, performance
12. Instrument : terlampir


Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




RUMINI,S.Ag. MAKFUR


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 4.2. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : Mengungkapkan makna gagasan dalam teks fungsional pendek sangat sederhana tentang:
 memberi instruksi secara lisan
 menyebutkan daftar benda yang dibutuhkan
 memberi ucapan selamat
 mengumumkan sesuatu
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan : 1 kali

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
4. memberi instruksi secara lisan.
5. menyebutkan daftar benda yang dibutuhkan.

Pertemuan 2
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. memberi ucapan selamat.
2. mengumumkan sesuatu.

Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
n. Ungkapan instruksi contoh : Keep closed!, Stand Up!, Raise your hand! Etc.
o. Verb contoh : keep, raise, stand up, sit down etc.
c. Benda/barang dalam shopping list
Contoh : Sugar 1 kg
Flour 0,5 kg
Meat 1 kg
Butter 1 pack

Pertemuan 2
f. Ungkapan ucapan selamat
Contoh : Congratulation!
Well done!
g. Pengumuman/Anouncement
Contoh: ”School will close tomorrow since it’s the MAULUD NABI day.”

Model/Teknik : TPR and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)


Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti
Pertemuan 1
22. Mendengarkan dan memberi respon introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang berkaitan dengan instruksi.
23. Simulasi penggunaan teks lisan fungsional pendek yang berkaitan dengan instruksi.
24. Mendengarkan model teks fungsional pendek secara lisan yang berisi instruksi.
25. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan.
26. Mendengarkan model teks fungsional pendek secara lisan yang berisi daftar benda.
27. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan.

Pertemuan 2
1. Mendengarkan dan memberi respon introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang berkaitan ucapan selamat.
2. Simulasi penggunaan teks lisan fungsional pendek yang berkaitan dengan ucapan selamat.
3. Mendengarkan model teks fungsional pendek secara lisan yang berisi ucapan selamat.
4. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan.
5. Mendengarkan model teks fungsional pendek secara lisan yang berisi pengumuman.
6. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan.

Kegiatan Akhir
10. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
11. Membuat rangkuman.
12. Memberikan post-test.

E. Sumber Belajar
10. Contoh teks berupa tape-script (untuk yg dibacakan guru)
11. Kaset berisi teks terkait.
12. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
13. Teknik : tes lisan, tes unjuk kerja.
14. Prosedur : selama proses
15. Bentuk : tes speaking
16. Instrument : terlampir
17.

Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




RUMINI,S.Ag. MAKFUR

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 5.1. Membaca nyaring bermakna kata, frasa dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Indikator : 1. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
2. Membaca kata, frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar.
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Pertemuan : 3 kali

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
1. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
2. Membaca kata, frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar.
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar.

Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Pronounciation kata 3. Ejaan dan tanda baca
2. Intonation frasa dan kalimat 4. Membaca nyaring dengan baik dan benar
C. Metode/Teknik : Ceramah dan Demonstrasi.

Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti
28. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring (misalnya : pronounciation, intonation)
29. Mendengarkan model membaca nyaring yang baik dan benar.
30. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model.
31. Membaca nyaring sendiri dengan baik dan benar.

Kegiatan Akhir
13. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
14. Membuat rangkuman.
15. Memberikan post-test.

E. Sumber Belajar
13. Teks otentik.
14. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
18. Teknik : tes unjuk kerja
19. Prosedur : selama proses
20. Bentuk : uji petik membaca nyaring
21. Instrument : terlampir

Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RUMINI,S.Ag. MAKFUR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 5.2. Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Indikator : 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
- instruksi
- daftar barang
- kartu ucapan
- pengumuman
4. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Pertemuan : 3 kali

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
4. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
- instruksi
- daftar barang
- kartu ucapan
- pengumuman
5. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca.

Materi Pembelajaran
o Teks fungsional pendek berbentuk
- instruksi
- daftar barang
- kartu ucapan
- pengumuman
o Ciri kebahasaan teks yang dibaca.
C. Model/Teknik : Three phase technique

Langkah-langkah Kegiatan
Setiap peremuan dikemas dalam tiga tahapan;
Kegiatan awal;
• Greetings
• Checking for the roll
• Pre-test, review
• Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu

Kegiatan inti
1. Tanya jawab yang terkait dengan materi.
2. Membaca teks.
3. Menirukan membaca nyaring.
4. Mengidentifikasi informasi yang ada dalam teks dengan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5. Membahas kosa kata, struktur kalimat dan struktur bacaan.

Kegiatan Akhir
16. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi.
17. Membuat rangkuman.
18. Memberikan post-test.

E. Sumber Belajar
15. Contoh teks.
16. Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
22. Teknik : - tes unjuk kerja
- tes tulis
23. Prosedur : selama proses
24. Bentuk : - pilihan ganda
- melengkapi kalimat/frase
- manjawab pertanyaan
25. Instrument : terlampir



Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



RUMINI,S.Ag. MAKFUR
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 6.1. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : 1. Melengkapi teks fungsional pendek.
2. Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
3. Menulis teks fungsional pendek.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Pertemuan : 2 kali

B. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
e. melengkapi teks fungsional pendek.
f. menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
g. menulis teks fungsional pendek.

B. Materi Pembelajaran
1. Teks fungsional pendek berbentuk:
 instruksi
 daftar barang
 kartu ucapan
 pengumuman
2. Kalimat sederhana acak.

C. Metode Pembelajaran / Teknik : Three-phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan
d. Kegiatan Pendahuluan
- Greetings, Checking for the roll
- Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
- Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu
e. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks instruksi dan daftar barang.
2. Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional.
3. Membuat frasa, kalimat dengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
4. Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
5. Menulis teks fungsional pendek.

Pertemuan 2
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks kartu ucapan.
2. Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional.
3. Membuat frasa, kalimat dengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
4. Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
5. Menulis teks fungsional pendek tentang kartu ucapan.

Pertemuan 3
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks pengumuman.
2. Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional.
3. Membuat frasa, kalimat dengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
4. Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
5. Menulis teks fungsional pendek tentang pengumuman.

f. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Post test.


E. Sumber Belajar
- Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
- Teknik : tes tulis
- Bentuk : melengkapi, menyusun kalimat dan essay
- Instrumen : terlampir



Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




RUMINI,S.Ag. MAKFUR
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




SMP/MTs : SMP MA’ARIF NU O2 Bumijawa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 6. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 6.2. Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator : 1. Membuat teks fungsional pendek.
4. Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Pertemuan : 2 kali

C. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
h. membuat teks fungsional pendek.
i. menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek.

B. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk:
 instruksi
 daftar barang
 kartu ucapan
 pengumuman

C. Metode Pembelajaran / Teknik : Three-phase technique

D. Langkah-langkah Kegiatan
g. Kegiatan Pendahuluan
- Greetings, Checking for the roll
- Tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
- Menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu
h. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
1. Mendengarkan dan merespon penjelasan tentang ciri-ciri teks fungsional pendek.
2. Menyusun kata dalam bentuk frasa kata benda.
3. Menyusun kata, frasa dalam kalimat padu.

Pertemuan 2
1. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan dengan bantuan guru.
2. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara mandiri.
3. Melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur yang benar.
4. Menulis teks fungsional pendek.

i. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Post test.

E. Sumber Belajar
- Buku teks yang relevan : ... ( judul, pengarang, penerbit, tahun, halaman )

F. Penilaian
- Teknik : tes tulis
- Bentuk : melengkapi, essay, project dan uraian
- Instrumen : terlampir

Mengetahui, Bumijawa, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


RUMINI,S.Ag. MAKFUR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar